mata rantai

mata rantai
last memory

Rabu, 09 November 2011

                       MENGENAL DIRI SENDIRI


mengenal diri sendiri merupakan kunci rahasia untuk mengenal allah, sesuai dengan sabda nabi
saw,
       "barang siapa sudah mengenal dirinya sendiri,berarti ia sudah mengenal tuhannya."
juga disebutkan dalam al-Qur'an,
       "kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) kami di segenap ufuk dan pada
        diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa al-qur'an itu benar. (QS al-fushilat (41):53)
tidak ada satu benda pun yang yang lebih dekat pada dirimu selain dirimu sendiri. dan jika kamu tidak mengenal dirimu sendiri, bagaimana kamu akan dapat mengenal keadaan orang lain?
        jika kamu mengatakan,"aku sudah mengenal diriku sendiri," maka ini bisa berarti kamu telah mengetahui bahwa dirimu memiliki anggota badan,panca indra,dan sebagainya. pengetahuan yang seperti ini bukan merupakan kunci untuk mengenal allah, jika pengetahuan tadi hanya sekedar sampai di situ saja, yakni hanya sampai pada pengertian semata. hal ini sama halnya dengan pernyataan,"kalau aku lapar maka aku akan makan. kalau aku marah maka aku akan berkelahi."
         apakah kamu akan mengikuti jejak pikiran seperti itu?jika demikian,maka kamu akan menjadi teman bagi para binatang. karena pada hakikatnya, mengoreksi dan mengenal diri sendiri itu menyangkut hal-hal sebagai berikut.
  • apa yang ada dalam dirimu?
  • sejak kapan kamu ada?
  • hendak kemana kamu nantinya?
  • apa tujuanmu berada di tempat yang fana ini?
  • apakah sebenarnya hakikat kebahagiaan dan kesusahan yang menimpa dirimu?
sebagian di dalam dirimu terdapat sifat baik dan buruk.suatu saat nanti,kamu sendiri akan mengetahui mana sifat-sifat yang asli dan mana yang bukan. seandainya kamu sudah mengetahui tentang hal tersebut, sebenarnya itupun belum menjadi jaminan baha kamu sudah menemukan letak kebahagiaan yang sesungguhnya.
        perhatikanlah! hewan,pekerjaannya hanyalah makan,tidur,dan berkelahi. oleh karena itu, jika kamu pekerjaannya hanya seperti itu, maka kamu tidak lebih layaknya hewan. setan,kerjanya hanya menggerak-gerakan hati manusi agar berbuat jahat,berdusta,menipu,dan sebagainya. jika perbuatanmu serupa 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar